MENGENAL SINDROMA DOWN



MENGENAL SINDROMA DOWN
Judul buku : Mengenal sindroma down
Penulis : Mark Selikowitz
Alih bahasa : dr. Rini surjadi
Penertbit : arcan
Cetakan : 2001
ISBN : 979-431-364-9
Tebal buku : 269 halaman

Buku berjudul “Mengenal Sindroma Down”  merupakan buku yang ditulis oleh Dr Mark Selikowitz. Dr Mark selikowitz adalah seorang dokter anak konsultan dan direktur bagian perkembangan anak dirumah sakit anak di Sydney. Beliau sangat berpengalaman dengan anak sindroma down. Buku ini menyajikan informasi yang up to date dalam bentuk yang mudah dibaca dan meluruskan banyak pendapat yang salah tentang kelainan iini. Pendekatan positif ini mencerminkan perubahan sikap terhadap anak penderita sindroma down dirawat di rumah dan orang tua mempunyai lebih banyak pilihan daripada waktu sebelumnya. Petunjuk ini sangat penting untuk para orangtua ndari anak penderita sindroma down, tidak peduli berapa usia anak. Buku ini juga sangat berharga bagi guru,pekerja social,psikolog, ahliterapi wicara,fisioterapis,okupasi,perawat,dokter.

 sumber : https://bundaabim.wordpress.com/category/down-syndrome/

Buku ini dimulai dari hari-hari pertama tersulit bagi orangtua yang mengetahui anaknya mengalami sindroma down. Sindroma down merupakan salah satu dari penyakit yang disertai ketidakmampuan intelektual dimana diagnosis dapat dibuat segera setelah anka lahir. Pada masa-masa segera kelahiran, terdapat begitu banyak factor yang membuat hal ini begitu sulit dihadapi bersamaan dengan berita buruk tersebut. Factor-faktor tersebut adalah = harapan,pengasingan,murung pasca melahirkan,syok,rasa tidak percaya,perasaan sedih,perasaan menolak,perasaan tidak mampu dan malu, perasaan marah,perasaan ingin melindungi. Namun dengan segala keadaan tersebut tentu sebagai orangtua yang baik dengan segal kelapangan dada kita harus mencari jalan keluar seperti bersabar,bertemu orang tua lain mencari seorang professional dan terapis. Pemahaman demi pemahaman dipaparkan penulis untuk memberikan pengetahuan kepada para pembaca untuk bias mendeteksi perkembangan anak mereka. Menyiapkan mental mereka sebagai orangtua, guru,ahli terapi,dll. Buku ini juga menjelaskan apa itu sindroma dwon, latar belakang sejarah, mengenali sindroma down, karakteristik khusus, bagaimana sindroma down dapat terjadi.


Sindroma down memiliki perbedaan lebih banyak diantara anak-anak daripada kesamaan mereka. Dan juga akan memiliki banyak karakteristik individual yang diwariskan orangtuanya. Hal ini  buakn hanya berlaku untk penampilan fisik namun juga temperamen dan berbagai kemampuannya. Anak-anak dan orang dewasa dengan sindroma down berbeda-beda dalam penampilan,temperamen, dan kemampuan. Setiap orang merupakan individu yang unik. Tiap-tiap anak dan orang dewasa dengan sindroma down memilii ciri-ciri yang serupa. Sindroma down merupakan sindroma congenital (kelainan bawaan) yang sering terjadi adalah kelainan kromosom. Cirri yangb dapat dikenali dari anak sindroma down adalah wajah yang biasanya berbentuk bulat dari depan. Kepala yang rata bagian belakang ini dikenal sebagai brachycephaly. Mata memiliki lipatan kecil bernama lipatan epichantic namun bias menghilang ketika anak bertumbuh. Rambut anak sindroma down biasanya lemah dan lurus. Mulut anak sindorma down biasanya memiliki  rongga mulut lebih kecil dari rata-rat dengan lidah sedikit lebih besar. Tangan anak sindroma down cenderung lebih lebar dengan jari-jari yang pendek. Kaki anak sindroma down cenderung pendek dengan jarak yang lebar.

sumber : http://www.alodokter.com/sindrom-down


Terjadinya sindroma down disebabkan oleh kesalahan genetika menyebabkan perkembangan abnormal janin.jenis-jenis sindroma down ada tiga yaitu : trisomi 21, translokasi, mosaikisme. Lalu selanjutnya buku ini memaparkan perkeembangan anak meliputi : kecepatan perkembangan,perkembangan motorik umu, perkembangan motorik halus, perkembangan pribadi dan social,perkembangan kognitif. Dimulai dari bayi yang baru lahir hingga usia sekolah. Terdapat juga bab-bab yang memberikan saran atas penanganan perilaku dan cara menangani reaksi anggota keluarga dan para sahabat. Bab 9 melukiskan berbagai jenis pelayanan yang ada. Bab 15 membahas sejumlah pengobatan yang controversial.

Kelemahan buku ini menurut saya sebenarnya sudah bagus namun untuk beberapa bab yang menjelaskan istilah ilmiah mungkin harus dijelaskan lebih sederhana agar pembaca tidak bingung.
Kelebihan buku ini mencakup banyak aspek yang cukup memabntu orang-orang disekeliling anak sindroma down. Membaca buku ini membuat kita memahami bahwa anak sindroma down membutuhkan support dan bantuan untuk menjalankan hidupnya.
Saran dari buku ini, layak untuk dibaca untuk mereka yang ingin mengenal lebih jauh tentang sindroma down. Sekian.


Komentar